Cara rawat dan pelihara ikan koi di kolam

ikan koi

Ikan Koi Punya kolam dengan banyak ikan koi yang jinak dan berwarna-warni tentunya sangat indah dan menyenangkan. ada banyak tantangan ketika memelihara ikan hias satu ini.

Berikut ini beberapa cara memelihara ikan koi di kolam yang bisa dipelajari sebelum memulai memeliharanya.

Tantangan pelihara dan merawat ikan koi di kolam

Bagi sebagian orang yang memelihara ikan koi mungkin terasa sulit dan sebagian lagi mungkin menganggapnya mudah karena sudah pengalaman. setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan meskipun untuk pemula agar bisa memelihara dan merawat koi di kolam dengan baik. simak tips-tipsnya berikut ini :

Ukuran Kolam

Kesuksesan memelihara ikan koi  ditentukan dari ukuran kolamnya. walaupun sebenarnya tak ada ukuran khusus, kolam bisa di lahan kecil di halaman rumah. tapi usahakan jangan terlalu sempit sehingga ikan koi bisa leluasa bergerak dan kedalamannya minimal harus 50 cm. kolam yang agak luas dan lebih dalam sekitar 1,5-2m, sebenarnya lebih bagus kalau memang kondisinya memungkinkan.

Sistem filter kolam memadai

Memelihara ikan koi agar sukses juga harus diperhatikan bagaimana kualitas airnya, ini sangat penting.

Untuk menjaga kualitas air perlu sebuah sistem filter. ini terdiri alat filter dan resirkulasi fungsinya untuk memompa air kolam ada filter kolam.

Filter kolam sendiri terdiri dari filter biologis dan penyaring kotoran halus untuk menyaring dan mengurai racun amonia dari sisa proses pencernaan dan sekresi ikan. 

Pastikan ikan koi sehat

Pastikan bahwa ikan koi yang akan dipelihara dalam kondisi yang sehat. jika harus membeli belilah dari penjual yang sudah berpengalaman dan terpercaya dalam menangani ikan koi.

Memelihara ikan yang sehat akan menentukan keberhasilan nya. biasanya ikan koi yang sehat akan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru serta tidak mudah terkena penyakit atau stres.

Batasi populasinya di kolam

Agar pemeliharaan maksimal, batasi populasi koi di kolam renang. sebab kalau populasinya terlalu pada ini akan berdampak pada menurunnya kualitas air kolam.

Level amonia bakal meningkat dan lama-lama meracuni kolam jika populasinya terlalu banyak. jika volume kolam dan sistem filternya terbatas sebaiknya populasi ikan koi nya juga mesti dibatasi.

Sebagai contoh untuk kepadatan populasi normal kolam ikan dengan volume 1000 liter ini bisa ditempati oleh 5 ekor ikan ukuran sekitar 35 cm. bisa juga di isi 20 ekor kalau ikannya kecil sekitar ukuran 20 cm.

Pemberian pakan sebaiknya dibatasi

Sebaiknya pemberian pakan dibatasi agar proses pemeliharaan ikan koi maksimal. apalagi kalau kolam sudah over populasi. jika sudah over populasi solusinya dengan mengurangi populasinya. bisa juga diberi tambahan sistem filter external.

Kalau dipaksa diberikan makan berlebih ini akan berdampak pada peningkatan amonia yang bisa memicu munculnya berbagai penyakit.

Pergantian dan penambahan air kolam

Kalau sistem filter sudah memadai, perhatikan untuk lakukan penambahan dan pergantian air kolam. penggantian air kol ini dilakukan 10 persen sampai dengan 20 persen dari volum kolam, dilakukan setiap dua Minggu atau sebulan sekali.

Penggantian dan penambahan air bakal tingkatkan kualitas air kolam juga turunkan kadar amonia jadi ikan lebih segar. kalau kolam terkena air hujan, penambahan bisa dikurangi.

Cucilah media filter

Cucilah media filter. utamanya media filter mekanis. pembersihan setidaknya  2-3 bulan sekali. atau kalau memang diperlukan, bisa dibersihkan tiap sebulan sekali.

Cara Merawat Ikan Mas Koki