ikan mas koki

5 Cara Merawat dan Memelihara Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki Umur pemeliharaan ikan koki sangat tergantung pada pemeliharaan dan perwatan ikan yang baik dalam memeliharanya agar sehat dan bisa dipelihara sampai besar. Berikut adalah lima cara memelihara dan merawat ikan koki.

1. Pelihara Ikan Mas Koki di kolam

Meskipun mereka  salah satu ikan peliharaan akuarium yang populer, ikan koki lebih memilih untuk hidup di kolam. Kolam menyediakan lebih banyak ruang untuk berenang dan memungkinkan mereka untuk mencapai ukuran maksimum. Ikan koki dapat tumbuh dengan ukuran ikan terbesar biasanya mencapai usia tua. Jadi sebaiknya pelihara saja di kolam.

Memelihara ikan koki di kolam juga memberikan lebih banyak ruang bagi untuk meniru kondisi habitat mereka di alam liar. Mereka juga akan terkena variasi cahaya dan musiman alami yang mempengaruhi kondisi biologis dan fisiologis ikan.

Semua ikan ras mendapatkan manfaat dari kehidupan yang lebih alami karena memungkinkan mereka untuk menggunakan naluri liar mereka dan menjalani kehidupan yang sangat panjang.

2. Metode-kolam akuarium

Jika Anda ingin ikan koki anda untuk hidup panjang namun tetap ingin mempertahankannya dalam akuarium dalam ruangan, cara ini bisas dicoba. Ketika Anda pertama kali membeli ikan koki, Anda bisa mulai dengan menaruhnya di akuarium 200-250 Volume liter dalam ruangan.  juga jaga suhu air di kisaran 20-23 ° C.

Kemudian,persiapkan lingkungan luar seperti kolamuntuk ikan saat mereka mulai tumbuh lebih besar. Kondisi harus sangat mirip dengan kondisi akuarium dalam hal suhu, pH, dan aliran. Anda dapat memindahkan ikan ke kolam baru ketika mereka mencapai ukuran sekitar 25 cm. Membantu ikan untuk menyesuaikan diri dengan rumah baru mereka.

3. Jaga habitat tetap bersih

Habitat tidak bersih adalah salah satu penyebab utama penyakit dan infeksi pada akuarium ikan. Rentang hidup dari ikan koki dalam akuarium sering pendek karena kondisi tidak higienis.

Ketika kotoran yang diproduksi dalam jumlah besar dalam ruang tertutup seperti akuarium, maka kotoran akan mengendap dan  berdampak buruk bagi kesehatan ikan.

Jangan menunggu sampai air Anda adalah benar-benar kotor untuk bersih. Kotoran dapat menumpuk ke tingkat berbahaya jauh sebelum air tampak keruh. Alat tes dapat digunakan untuk menguji tingkat nitrogen dan amonia, yang menunjukkan akuarium kotor. Anda harus menggunakan ini untuk memeriksa air setiap kali melakukan penggantian air.

Ikan koki adalah ikan yang biasanya hidup di daerah beriklim sedang dengan kisaran toleransi suhu 20-23 ° C. Selain suhu, ikan juga sensitif terhadap perubahan drastis dalam pH dan oksigen terlarut. Mereka membutuhkan pH antara 6,8-7,6.

Pastikan untuk memilih filter yang tepat untuk akuarium Anda. Filter eksternal atau tabung yang lebih baik untuk akuarium sangat besar dan penuh dengan ikan.

4. Berikan makanan yang tepat

Ikan koki liar makan zooplankton, serangga dan cacing mikro bersama dengan tanaman air dan ganggang. Makanan terbaik untuk ikan Anda adalah yang memenuhi semua kebutuhan gizi mereka. Protein dan sayuran merupakan beberapa variasi makanan penting untuk ikan.

Setiap serpih pakan atau pelet yang Anda berikan harus memiliki kandungan protein yang seimbang. Anda bahkan dapat membuat campuran protein dan sayuran buatan sendiri untuk makanan mereka.

5. Hindari overpopulasi Ikan

Batasi jangan sampai di akuarium overpopulasi. sebab akan mengurangi kualitas air sehingga bakteri mudah menyerang dan membuat ikan tidak sehat.

Itulah tadi beberapa cara memelihara dan merawat ikan mas koki yang dapat kami sampaikan agar kamu dapat memelihara ikan koki sampai besar dan tidak gampang mati. Jika anda hobi Ikan Cupang Hias silahkan cek di toko online ikan cupang hias terbesar.