Home Cupang Koi

Ikan Cupang Hias Koi

Cupang Koi-Jual Beli dan Lelang Ikan Cupang Koi berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau untuk anda para pecinta Cupang Koi. Anda juga bisa mengikut Lelang Online Cupang Koi untuk mendapatkan Ikan Cupang Hias Koi dengan kualitas terbaik yang pas dengan kantong anda.

Harga Ikan Cupang Koi

Jual Cupang Hias PLAKAT BETINA AVATAR voxylab
DJ FAQR
Jual Cupang Hias PLAKAT BETINA AVATAR voxylab
IDR 125.000
Jual Cupang Hias PLAKAT BETINA FANCY voxylab
DJ FAQR
Jual Cupang Hias PLAKAT BETINA FANCY voxylab
IDR 125.000
Jual Cupang Hias PLAKAT BETINA FANCY voxylab
DJ FAQR
Jual Cupang Hias PLAKAT BETINA FANCY voxylab
IDR 150.000
Jual Cupang Hias PLAKAT JANTAN FANCY voxylab
DJ FAQR
Jual Cupang Hias PLAKAT JANTAN FANCY voxylab
IDR 150.000
Jual Cupang Hias PLAKAT JANTAN FANCY voxylab
DJ FAQR
Jual Cupang Hias PLAKAT JANTAN FANCY voxylab
IDR 325.000
Belum jelas benar sejarah awal kehadiran cupang koi. Namun yang pasti warga Thailand lah yang memperkenalkan ikan dengan jenis warna ini pertama kali.
Sementara di Indonesia, ikan ini sudah di kenal sejak sekitar empat tahun lalu.
Keunikan warna ikan ini tentu menjadi daya tarik utama . Internasional Betta Congress (IBC) memasukkan ikan ini dalam kategori Marbel. Semetara dalam kontes-kontes, ikan jenis ini masuk dalam divisi Any Other Colour (AOC), karena masih belum punya divisi khusus.
Seperti halnya koi, cupang jenis ini punya pola belang yang mirip dengan ikan mas asal Jepang. Tentu sangat unik dan memikat mata. Paduan merah hitam dan putih di tubuhnya membuat warnanya semakin semarak.
Perawatan ikan jenis ini juga tergolong mudah. Sama dengan jenis lainnya, cupang koi dapat dipelihara dengan memberi pakan jentik nyamuk, cacing sutra, atau pelet. Sementara penggantian air dapat dilakukan setiap 10 hari sekali.
Ikan cupang Koi ini juga tak membutuhkan oksigen terlarut sebagai tempat hidupnya. Sebuah akuarium kecil atau botol sudah dapat menjadi tempat hidup tanpa harus menambah aerator.

Perawatan Ikan Cupang Koi

1. Memilih Akuarium
Seperti disinggung di atas, ikan cupang Koi dapat hidup di akuarium dengan ukuran apa saja. Namun karena cupang Koi merupakan jenis ikan soliter, maka lebih baik untuk memeliharanya di akuarium yang kecil saja, seperti yang berdiameter 20 x 15 x 15 cm.
Dikhawatirkan jika kita memeliharanya di akuarium yang besar hanya akan membuang-buang tempat saja karena ikan cupang Koi sulit untuk diletakan dalam satu tempat bersama-sama. Mereka biasanya akan adu jotos jika ditempatkan bersama-sama.
Akuariumnya tersebut dapat dibiarkan polos atau ditambah dengan batu dan tanaman palsu agar tampak lebih berwarna. Silakan letakan akuarium tersebut di tempat dengan suhu yang stabil, tidak terlalu panas dan juga tdak terlalu dingin.
2. Air Akuarium
Selanjutnya untuk urusan air aquarium tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan air sumur. Pasalnya air sumur memiliki karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang Koi yaitu di sawah dan rawa-rawa.
Namun jika tidak ada air sumur, maka penggunaan air PAM atau sumber air lainnya juga tidak menjadi masalah. Akan tetapi disarankan untuk mendiamkan dulu air tersebut di ember atau sejenisnya sebelum memasukannya ke akuarium ikan cupang Koi.
Selanjutnya gantilah air tersebut minimal 3 hari sekali. Anda juga dapat mengganti airnya setiap dua hari atau bahkan setiap hari. Konon ikan cupang Koi akan jauh lebih baik pertumbuhannya jika kita rajin mengganti airnya setiap hari.
Sebelum mengganti airnya, silahkan pindahkan terlebih dahulu ikan cupang Koi Anda ke wadah penyimpanan sementara. Pindahkan ikan cupang Koi tersebut dengan menggunakan saringan khusus ikan. Jangan memindahkannya dengan tangan karena bisa merusak sirip dan ekornya yang indah.
Setelah dipindahkan, silahkan bersihkan akuarium tersebut dari kotoran ikan dan juga lendir-lendir yang menempel. Namun ingat, jangan mencucinya dengan sabun atau deterjen karena dapat meracuni ikan cupang Koi. Cukup bersihkan dengan sponge hingga bersih.
Jika terdapat batu dan aksesoris lainnya, bersihkan juga semuanya. Setelah selesai silahkan isi kembali dengan air lalu tunggu beberapa saat agar airnya sesuai dengan suhu kamar. Setelah itu, silahkan masukan kembali ikan cupang Koinya.
3. Menjemur cupang Koi
Menjemur ikan cupang Koi juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat sekali-kali Anda lakukan. Penjemuran ini bertujuan agar ikan lebih fresh sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit dan akuariumnya.
Penjemuran ikan ini hukumnya tidak wajib, hanya sesekali saja. Selain itu ikan cupang Koi yang memiliki warna hitam yang dominan sebaiknya tidak dijemur karena dapat membuatnya panik. Mungkin warnanya yang hitam membuatnya lebih peka dalam menyerap panas matahari.